Website counter

Sunday, July 15, 2012

Definisi Demokrasi

Demokrasi menunjuk kekuasaan atau aturan lengkap oleh rakyat. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani δημοκρατία dēmokratía , "pemerintahan populer". Demokratia terdiri dari kata δῆμος (dêmos), "rakyat" and κράτος (krátos), "aturan, kekuatan". Pertengahan abad 5-4 SM menunjukkan sistem politik yangada di beberapa negara kota Yunani, khususnya Athens atau Athena yang kemudian menjadi populer tahun 508 BC.


Dalam teori politik, demokrasi menggambarkan sejumlah kecil bentuk pemerintahan dan juga filsafat politik. Walaupun tidak ada definisi spesifik yangditerima secara universal, ada 2 prinsip demokrasi yaitu persamaan dan kebebasan.


Prinsip-prinsip ini direfleksikan oleh semua warga negara sebagai "sama di hadapan hukum" dan mempunyai akses yang sama untuk kekuasaan. Sebagai tambahan, semua warga negara dapat menikmati kebebasan yang terlegitimasi dan kemerdekaan yang dilindungi oleh undang-undang.
Ada beberapa variasi demokrasi. Beberapa memberikan perwakilan dan kebebasan lebih pada warga negaranya. Tetapi jika demokrasi tidak dilegislasi secara hati-hati untuk menghindari distribusi yang tidak wajar atas kekuasaan politik yang tidak wajar seperti adanya pemisahan kekuatan, maka cabang sistem aturan akan mengakumulasi kekuasaan dengan keseimbangan dan membahayakan demokrasi itu sendiri.

"Aturan mayoritas" sering digambarkan sebagai karakteristik demokrasi, tetapi tanpa pemerintah yangbertanggung jawab atau proteksi konstitusi atas kemerdekaan individu dari kekuasaan demokrasi yang memungkinkan untuk ketidak sepakatan individu menjadi tertindas oleh "tirani mayoritas". Sebuah proses utama dalam demokrasi perwakilan adalah pemilu yang kompetitif yaitu jujur dalam substansi dan prosedur.

Lebih jauh lagi, kebebasan untuk berekspresi politik, kebebasan berbicara dan kebebasan pers adaalh penting sehingga warga negara memperoleh informasi dan mudah menentukan pilihan sesuai dengan kepentingan dirinya sendiri. Kekuasaan atau pemerintahan yang populer adala biasa tapi bukan filsafat yangberlaku secara universal untuk mendirikan demokrasi.

Di beberapa negara, demokrasi berdasarkan prinsip persamaan hak. Banyak orang yang menggunakan istilah demokrasi sebagai singkatan dari demokrasi liberal yang termasuk di dalamnya pluralisme politik, persamaan di depan hukum, hak untuk mengajukan petisi atas pemerintahan terpilih untuk memperbaiki keluhan,


the right to petition elected officials for redress of grievances, due process, civil liberties, human rights, and elements of civil society outside the government. In the United States, separation of powers is often cited as a supporting attribute, but in other countries, such as the United Kingdom, the dominant philosophy is parliamentary sovereignty (though in practice judicial independence is generally maintained). In other cases, "democracy" is used to mean direct democracy. Though the term "democracy" is typically used in the context of a political state, the principles are also applicable to private organizations and other groups.Democracy has its origins in Ancient Greece. However other cultures have significantly contributed to the evolution of democracy such as Ancient Rome, Europe, and North and South America. Democracy has been called the "last form of government" and has spread considerably across the globe. The Right to vote has been expanded in many Jurisdictions over time from relatively narrow groups (such as wealthy men of a particular ethnic group), with New Zealand the first nation to grant universal suffrage for all its citizens. Suffrage still remains a controversial issue with regard to disputed territories, areas with significant immigration, and countries that exclude certain demographic groups.


Note dari penulis :

Tertarik ingin punya bisnis sendiri???? Gampang caranya. Add akun Facebook saya yang ada di sebelah kanan atau kiri artikel ini.  


Kalau sudah jadi friend saya di Facebook, nanti saya undang ke pertemuan bisnis kami. Tenang, kalau cuma hadir di pertemuan bisnis, gak perlu bayar. Pertemuannya juga online, lewat Facebook. Jadi gak perlu keluar rumah, dan kalau lagi di luar rumah, gak perlu batalin janji. Kan bisa lewat handphone. Asyik, kan. Yuk, gabung yuk.

No comments:

Post a Comment