Website counter

Monday, April 23, 2012

Sistem-sistem Pemilu di Dunia (Pengantar)

Setiap kali memantau pemilu di luar negeri, pemantau pemilu internasional selalu mendapat briefing selama beberapa hari sebelum diterjunkan ke lapangan.



Saya sebagai salah satu pemantau internasional dalam pemilu parlemen Thailand 2011.
Foto sendiri, jadi cuma dapat namanya dan gak dapat orangnya, he he he.

Salah satu materi yang diberikan adalah mengenai sistem pemilu yang ada di negara tersebut. Seperti pemilu parlemen Thailand Juli 2011  menganut sistem FPTP (First-Past-The-Post). Sri Lanka menganut sistem proporsional terbuka preferensial atau Single Vote Transferable baik dalam pemilu presiden Januari 2010 maupun pemilu parlemen April 2010. Pemilu presiden Afghanistan Agustus 2009 dan Wolesi Jirga atau pemilu parlemen Aghanistan September 2010 menganut sistem Single Vote Non Transferable yang tidak termasuk dalam kategori sistem pemilu yang sudah ada. Indonesia sendiri menganut sistem proporsional daftar terbuka pada pemilu parlemen 2009 dan sistem proporsional daftar tertutup pada pemilu parlemen 2004. Pemilu parlemen Myanmar November 2010 dan pemilu by-election April 2012 menganut sistem FPTP, seperti halnya Thailand.

Pemahaman mengenai sistem pemilu di negara yang akan dipantau merupakan suatu hal yang mutlak diketahui dan dipelajari, karena nanti akan berkaitan dengan constituency boundary (pembentukan daerah pemilihan atau dapil), berapa banyaknya kandidat dan partai yang berkompetisi di provinsi dan daerah pemilihan tersebut, hingga ke teknis dan dana kampanye serta penghitungan suara hasil pemilihan umum.

Secara garis besar ada 4 kelompok sistem pemilu di dunia :
1. Sistem Pluralitas - Mayoritarian, di dalamnya terdapat sistem First Past The Post (FPTP)
2. Mixed System atau Sistem Campuran
3. Proportional Representation System atau sistem proporsional perwakilan
4. Other atau lain-lain. Disebut demikian, karena sistem ini tidak bisa dikategorikan dalam ketiga kelompok di atas, atau baru muncul akhir-akhir ini. 
Karena luasnya pembahasan setiap kategori, masing-masing kelompok sistem pemilu di atas akan saya jelaskan dalam postingan-postingan berikutnya. 

 Note :
Jika ingin bekerja di rumah, silahkan klik di sini.  

No comments:

Post a Comment