Website counter

Friday, March 15, 2013

Peta Kekuatan Faksi Demokrat Menjelang Kongres


Partai Demokrat mau tidak mau harus menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menunjuk ketua umum menggantikan Anas Urbaningrum yang telah mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus Hambalang. KLB harus dilakukan karena terkait dengan pendaftaran caleg yang akan dimulai pada 9 April 2013 mendatang. Pendaftaran caleg melalui Daftar caleg Sementara (DCS) harus dilakukan dengan tanda tangan dari Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai.

Ada tiga faksi yang disebut-sebut akan bertarung untuk menjadi pucuk pimpinan Demokrat. Ketiga faksi itu muncul seperti saat Kongres Partai Demokrat pada 2010 lalu. Kali ini faksi yang muncul ke permukaan adalah  faksi Marzuki Alie, Anas Urbaningrum dan Cikeas.

Faksi Marzuki Alie, berpendapat bahwa calon kuat dan yang paling cocok untuk menggantikan posisi Anas Urbaningrum sebagai ketua umum adalah Marzuki Alie. Menurut Achsanul, yang dibutuhkan Demokrat saat ini adalah ketua umum yang sudah paham medan, dari internal dengan demikian mengerti secara psikologi struktur DPP. Sebagai informasi, Pak Marzuki mantan sekjen ketika masuk ke DPC sudah paham. Sehingga jika nanti terpilih sebagai ketua umum, bisa langsung bekerja, tanpa perlu konsolidasi serta mempelajari.

Faksi Anas Urbaningrum spertinya akan mencalonkan Saan Mustopa yang  berstatus sebagai wakil sekjen dalam kepengurusan 2010-2015. Saan Mustopa juga merupakan aktivis HMI yang selama ini jaringannya sangat berpengaruh di Partai Demokrat. Saan yang juga anggota Komisi III DPR, tidak membantah dirinya mendapat dukungan DPC dan DPD Partai Demokrat untuk maju menjadi ketum. Saan sendiri hingga saat ini memang selalu intens berkomunikasi dengan DPC dan DPD Partai Demokrat.

Faksi Cikeas dikabarkan akan memunculkan beberapa nama. Dari internal partai, ada nama Sekjen Demokrat Edhie Baskoro (Ibas) dan Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik. Jero adalah politikus senior Demokrat. Dia pun terlihat malu-malu saat ditanya soal akan majunya menjadi ketua umum dalam KLB nanti. Sementara calon dari luar yang direstui Cikeas adalah Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Djoko Suyanto, dan Gita Wirjawan. 

No comments:

Post a Comment